Rabu, 23 Januari 2013

MENGHARGAI KERJASAMA DAN PERJANJIAN INTERNASIONAL

MENGHARGAI KERJASAMA DAN PERJANJIAN INTERNASIONAL
Bangsa Indonesia menyadari bahwa,tanpa kerja sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia tidak akan dapat memenuhi kebutuhan setiap warganya. Oleh karena itulah, bangsa Indonesia membina kerjasama dengan berbagai negaradi dunia dan menjadi peserta berbagai perjanjian internasional


Bentuk Kerja Sama dan Perjanjian Indonesia dengan Negara Lain

Perjanjian Bilateral
Perjanjian bilateral bersifat khusus (treaty contract) karena hanya mengatur hal-hal yang menyangkut kepentingan kedua negara saja. Oleh karena itu, perjanjian bilateral bersifat “tertutup.” Artinya tertutup kemungkinan bagi negara lain untuk turut serta dalam perjanjian tersebut. Ada  beberapa contoh yang dapat disampaikan sebagai gambaran konkrit dari perjanjian bilateral.
Perjanjian antara Republik Indonesia dengan RRC (Republika Rakyat Cina) pada tahun 1955 tentang penyelesaian “dwikewarganegaraan”.
Perjanjian antara Indonesia dengan Muangthai tentang “Garis Batas Laut Andaman” di sebalah utara Selat Malaka pada tahun 1971.
Perjanjian “ekstradisi” antara Republik Indonesia dan Malaysia pada tahun 1974.
Perjanjian antara Republik Indonesia dan Australia mengenai pertahanan dan keamanan wilayah kedua negara pada tanggal 16 Desember 1995.

Perjanjian Multilateral
Perjanjian ini sering disebut sebagai law making treaties karena biasanya mengatur hal-hal yang menyangkut kepentingan umum dan bersifat “terbuka.” Perjanjian multilateral tidak saja mengatur kepentingan negara-negara yang mengadakannya, melainkan juga kepentingan negara lain yang turut (bukan peserta) dalam perjanjian multilateral tersebut. Untuk lebih jelasnya ada beberapa contoh tentang perjanjian multilateral seperti berikut.
Konvensi Jenewa, tahun 1949 tentang “Perlindungan Korban Perang”.
Konvensi Wina, tahun 1961, tentang “Hubungan Diplomatik”.
Konvensi Hukum Laut Internasional tahun 1982 tentang “Laut Teritorial,
Zona Bersebelahan, Zona Ekonomi Eksklusif, dan Landas Benua”.


Hasil-hasil Kerjasama dan Perjanjian Internasional yang Bermanfaat Bagi Indonesia Indonesia

Kerjasama internasional mempunyai arti untuk mewujudkan dunia yang tertib damai, dapat menjalani kehidupan yang selaras dengan semua bangsa dan membina kerjasama di segala bidang demi kesejahteraan bersama. Kerjasama perjanjian internasional yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia beserta hasil-hasilnya dapat disebutkan antara lain sebagai berikut:

ASEAN
Dalam rangka meningkatkan ketjasama di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya melalui ASEAN Indonesia aktif merintis dan mengembangkan organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Organisasi Konferensi Islam (OKI)
OKI merupakan forum kerjasama antara negara-negara Islam dan negara-negara mayoritas berpenduduk Islam, untuk meningkatkan perdamaian dan kesejahteraan umat manusia.

OPEC
Melalui OPEC, Indonesia berupaya mempertahankan stabilitas dan pengembangan ekonomi negara OPEC pada khususnya, dan dunia pada umumnya.

Perserikatan Bangsa Bangsa (United Nations)
Indonesia mendapat bantuan melalui badan-badan khusus PBB. Sebagai contoh di bidang pangan dan pertanian melalui FAO, bidang kesehatan lewat WHO, bidang permodalan bantuan lewat IBRD, sedangkan dalam bidang kesehatan anak-anak Indonesia mendapat bantuan dan UNICEF

Lembaga Keuangan Internasional
Indonesia memanfaatkan lembaga-lembaga keuangan internasional, seperti IMF, Bank Dunia, dan ADB.

APEC
Indonesia menjalin kerjasama dengan negara-negara maju yang tergabung dalam APEC

Konferensi Asia Afrika (KAA)
Bersama-sama dengan India, Pakistan, Birma da1i Srilanka dan Indonesia memprakarsai Konferensi Asia Afrika (KAA) yang menghasilkan Dasa Sila Bandung.


Prinsip Kerja Sama Antarbangsa
Kerja sama antat bangsa dan perjanjian internasional dilaksanakn oleh bangsa Indonesia berdasarkan politik luat negeri bebas aktif yang diabdian untuk kepentingan nasional. Kerja sama antarbangsa dilaksanakan bangsa Indonesia dengan mengacu pada prinsip-prinsip sebagai berikut :
Dilandasi politik luar negeri bebas aktif
Ditunjukan untuk kepentingan nasional
Tidak mencampuri urusan daam negeri negara lain
Saling menguntungkan
Mewujudkan tatanan dunia baru berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial



Penghargaan Indonesia atas Kerja Sama Internasional

Ada banyak manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dari kerja sama dan hubungan Internasional yaitu dari mempertahankan, menegakan, hingga mengisi kemerdekaan. Penghargaan tersebut diwujudkan dengan cara keaktifan dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan dunia melalui hubungan Internasional. Peran serta organisasi internasional dalam menyelesaikan masalah Indonesia, misalnya :
Pada tahun 1957 untuk pertama kalinya Indonesia dipercaya menjadi salah satu Negara yan tergabung dalam pasukan perdamaian PBB di timur.
Pada tahun 1962 PBB membentuk United Nation Temporary Executif Authority (UNTEA) untuk membantu masalah penyelesaian Irian Barat
Pada tahun 2000 PBB membentuk UNAMET untuk membantu menyelesaikan krisis Timor Timur yang berakhir dengan berpisahnya Timor Timur dari Indonesia
Pada tahun 2006 Indonesia kembali bergabung ke dalam pasukan perdamaian PBB yang dikirim ke Palestina.
Tahun 2010 kembali bangsa Indonesia mengirimkan pasukan penjaga keamanan dan sukarelawan kemanusiaan di Palestina


Dukungan Bangsa Indonesia

Dukungan bangsa terhadap perjanjian internasional ditunjukan melalui :
Mendukung perjuangan dekolonialisasi, yaitu sikap yang teguh dan konsistem dalam mendukung perjuangan bangsa
Mau membina dan bekerja sama dengan berbagai Negara di dunia
Melaksanakan sikap memihak, yaitu tidak mau mengikatkan diri pada salah satu fakta pertahanan dunia
Bersikap terbuka dalam kerja sama internasional
Peduli dan mendukung kegiatan mewujudkan perdamaian dunia

Peran serta Bangsa Indonesia dalam memulihkan perdamaian dan ketentraman dunia, seperti :
Mewujudkan perdamaian dunia
Memberikan bantuan materi
Mengurangi penderitaan para korban konflik

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...