Senin, 18 Juni 2012

Keindahan Pulau Bali



Bali adalah sebuah pulau di Indonesia, sekaligus menjadi salah satu provinsi Indonesia. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal sebagai Pulau Dewata.
Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Lintang Timur yang mebuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain. Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur juga salah satu gunung yang ada di Bali. Sekitar 30.000 tahun yang lalu, Gunung Batur meletus dan menghasilkan bencana yang dahsyat di bumi. Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai. Ibu kota Bali adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat seni terletak di Kabupaten Gianyar; sedangkan Kuta, Sanur, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan pariwisata yang ada di Kabupaten Badung, dan masih banyak tempat wisata yang ada di Bali seperti di Kabupaten Tabanan, Klungkung, Karangasem, Bangli, Buleleng, dan terakhir Negara .
Penduduk Bali kira-kira sejumlah 4 juta jiwa, dengan mayoritas 92,3% menganut agama Hindu. Agama lainnya adalah Islam, Protestan, Katolik, dan Buddha. Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali, dan Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata.
Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali, dan sebagaimana penduduk Indonesia lainnya, sebagian besar masyarakat Bali adalah bilingual atau bahkan trilingual. Meskipun terdapat beberapa dialek dalam bahasa Bali, umumnya masyarakat Bali menggunakan sebentuk bahasa Bali pergaulan sebagai pilihan dalam berkomunikasi. Secara tradisi, penggunaan berbagai dialek bahasa Bali ditentukan berdasarkan sistem catur warna dalam agama Hindu Dharma; meskipun pelaksanaan tradisi tersebut cenderung berkurang.
Bahasa Inggris adalah bahasa ketiga (dan bahasa asing utama) bagi banyak masyarakat Bali, yang dipengaruhi oleh kebutuhan yang besar dari industri pariwisata. Para karyawan yang bekerja pada pusat-pusat informasi wisatawan di Bali, seringkali juga memahami beberapa bahasa asing dengan kompetensi yang cukup memadai.
Bagi sebagian orang, berlibur ke Hawaii adalah sebuah impian besar yang belum tentu dapat terwujud, keindahan pantainya disebut-sebut sebagai pantai yang sangat menarik, bahkan paling menarik. Namun siapa sangka bahwa Pulau bali memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan Hawai, bahkan melebihinya.
Seperti kita semua tau bahwa Bali memiliki segudang tradisi dan kebudayaan serta keindahan alam yang tak kalah dengan negara-negara lain di dunia ini. Selain itu ratusan bahkan jutaan cinderamata dan kuliner dapat kita jumpai di sini. Majalah threvel + Leisure telah memberikan penghargaan Best Island 20002001, 2002, 2003, 2004, 2005,2008 pulau Bali turun ke peringkat ke 2 dan di gantikan oleh pulau Galapagos (dikenal karena banyaknya hewan-hewan purban yang tinggal di dalamnya dan tidak takut dengan kehadiran manusia), ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa dibandingkan dengan pulau Hawaii yang ada di posisi ke 7 dan Phuket yang tahun 2008 tidak lagi masuk dalam Top 10 Best Island. Maka dari itu mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam serta budaya Indonesia, khususnya Bali, supaya mendapatkan tahtanya kembali.

Pura Tanah Lot

Ombak di Pantai Kuta


Burung Khas Bali


Ubud - Gianyar


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...